Cara Mengatasi Local Disk C Penuh Windows 8/10

Local disk C merupakan suatu drive penyimpanan penginstallan Windows. Karena seperti yang diketahui bahwa pembagian standar hard disk memang selalu diawali oleh driver C yang ada di sistem operasi Windows tersebut.

Ada berbagai masalah yang bisa saja muncul ketika menggunakan Windows, dan salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah local disk C penuh.

Memang wajar saja local disk C penuh karena sudah cukup lama digunakan sehingga harus segera diatasi.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi local disk C penuh di Windows 8 dan 10, simak pembahasan ini hingga selesai ya.

Cara Mengatasi Local Disk C Penuh

Apa yang Menyebabkan Local Disk C Cepat Penuh?

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasinya, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab local disk C penuh, drive C penuh.

Sebenarnya local disk C penuh ini disebabkan oleh penumpukan dari cache, logs, temporary files, browser cookies, leftover dari aplikasi yang sebelumnya sudah Anda hapus, dan juga berbagai file sampah lainya.

Selain itu, alasan lain yang menyebabkan local disk C penuh adalah pembagian dari partisi hard disk yang terlalu kecil untuk local disk C.

Untuk Windows 8 dan 10 saja bisa memakan 30 hingga 50 GB pada saat keadaan fresh install dan update.

Jadi, sudah bisa diduga kan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga local disk C penuh jika memiliki kapasitas yang kurang dari 100 GB?

Baca : Cara Menampilkan Keyboard Di Layar Laptop

Cara Mengatasi Local Disk C Penuh

Dan pada poin ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara mengatasi local disk C penuh di Windows 8 dan Windows 10.

Atasi Local Disk C Tanpa Aplikasi di Windows 8

Untuk Anda yang menggunakan Windows 8, maka bisa memanfaatkan Disk Cleanup untuk bisa menghapus berbagai file yang dianggap tidak penting sehingga membuat local disk C penuh.

Sebenarnya fitur Disk Cleanup ini merupakan program bawaan yang berguna untuk membersihkan hard disk. Langkah-langkah untuk mengatasi local disk C dengan cara ini, yaitu:

  • Masuk ke start dan buka Control Panel.
  • Setelah itu, klik Administrative Tools dan klik dua kali di aplikasi Disk Cleanup.
  • Karena tujuannya untuk menghapus local disk C, maka Anda pilih Drive C.
  • Anda pun telah masuk ke aplikasi Disk Cleanup, akan terlihat berbagai file yang menyebabkan local disk C penuh. Pilihlah file apa saja yang dianggap tidak penting, sehingga bisa segera dihapus.
  • Sebenarnya file seperti Delivery Optimization File, Logs, Temporary File, dan Windows Update Cache bisa Anda hapus.
    disk clean up
  • Setelah itu, Anda bisa memberikan tanda ceklis untuk file yang memang ingin di hapus, klik Ok dan tunggu hingga proses selesai.
  • Dan langkah terakhir, klik Clean up System Files.

Dengan Aplikasi Pembersih

Ada berbagai aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi local disk C penuh.

Cara ini memang lebih mudah jika dibandingkan dengan cara pertama, karena Anda hanya perlu download dan install aplikasi, secara otomatis aplikasi akan membersihkan berbagai file yang dianggap sampah sehingga bisa langsung terhapus.

Simak : Cara Disable Driver Signature Windows

Ada beberapa aplikasi PC Cleaner yang bisa digunakan oleh Windows 7, 8 dan Windows 10. Berikut beberapa aplikasi dan cara penggunaannya.

  • CCleaner

ccleaner

Jika Anda sedang mencari aplikasi untuk mengatasi local disk C penuh, drive C penuh, maka CCleaner bisa menjadi pilihan terbaik dan Anda bisa mendapatkannya secara gratis.

Berbagai file yang dapat dihapus oleh aplikasi CCleaner yaitu logs, temporary files, cache, tracker, browser cookies dan file yang dianggap sampah lainnya.

Dengan interface yang sederhana, sehingga pemula pun bisa menggunakannya dengan mudah.

  • RevoUninstaller

RevoUninstaller

Meskipun kita telah uninstall suatu aplikasi, bisa saja belum terhapus secara sempurna karena ada sisa file yang masih tersimpan di local disk C.

File tersebut bernama leftover files, untuk menghapusnya hingga tuntas maka Anda bisa menggunakan aplikasi RevoUninstaller.

Meskipun hanya file sampah, jika tidak dibersihkan hingga tuntas bisa menyebabkan local disk C penuh dan bahkan sampai menyebabkan tidak dapat terbukanya Microsoft Store.

Mengatasi Local Dick C Penuh di Windows 10 Tanpa Aplikasi

  • Langkah awal, klik Start dan klik Setting.
  • Setelah Anda masuk ke Setting, bisa klik System dan pilih Storage.
    system and storage
  • Anda bisa perhatikan local disk C yang terdapat keterangan jumlah ruang hard disk yang digunakan untuk temporary file, file dan aplikasi. File yang akan dihapus adalah temporary file.
  • Klik temporary file dan secara otomatis Windows akan melakukan scanning, tunggulah hingga prosesnya selesai.
    temporary files
  • Setelah proses selesai, akan ditampilkan berbagai file dan Anda bisa ceklis file mana yang ingin dihapus. Setelah itu klik Remove Files.
  • jangan lupa juga untuk membersihkan file sampah yang ada di Download. Setelah itu, Anda bisa kembali lagi ke Storage.
  • Perhatikan ke local disk C dan klik di App & Features, Anda pun bisa melihat apa saja program yang sudah terinstall berikut dengan kapasitasnya. Jika ada program dengan kapasitas besar dan tidak penting, segera lakukan uninstall.

Menggunakan Storage Sense yang Ada di Windows 10

Cara mengatasi local disk C penuh di Windows 10 yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan Storage Sense. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Klik Start, pilih Settings dan masuk ke menu System.
  • Selanjutnya klik Storage dan pilih Configure Storage Sense or Run It Now.
  • Klik Clean Now untuk dapat menghapus berbagai file sampah yang ada di local disk C.
    storage sense
  • Untuk proses penghapusannya sendiri memang tidak terlihat, namun ketika sudah selesai terdapat notifikasi mengenai kapasitas file yang sudah terhapus tadi.

Dengan Aplikasi Total PC Cleaner

total pc cleaner

Aplikasi Total PC Cleaner memang dikhususkan untuk Windows 10, sehingga selain Windows 10 tidak dapat menggunakan aplikasi ini.

Dengan interface yang sederhana, aplikasi ini dapat langsung mendeteksi secara otomatis mana file sampah sehingga bisa segera menghapusnya.

Berbagai system yang dapat dihapus oleh aplikasi Total PC Cleaner mail caches, browser caches, app caches, system caches dan juga office caches.

Terdapat fitur menarik lain yaitu pembersih file duplikat. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini gratis di Microsoft Store.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu download, install dan jalankan aplikasi maka secara otomatis berbagai file sampah dapat dihapus dengan aplikasi Total PC Cleaner.

File sampah di local disk C jika dibiarkan memang bisa menumpuk, maka dari itu harus segera diatasi.

Salah satu dari cara di atas bisa Anda coba. Dan jika Anda ingin cara yang paling praktis, sebaiknya pilih yang menggunakan aplikasi.

Tinggalkan komentar