Cara Login TP Link Router (Mudah Banget)

Kesulitan saat login TP link router di rumah? Saat akses ternyata username dan password salah terus menerus?

Tak perlu khawatir ada kok cara sederhana agar bisa akses TP Link router secara mudah. Penasaran yuk simak langkah-langkahnya dibawah ini!

Bisa dibilang TP Link Router merupakan router paling banyak digunakan karena akses dan pengelolaan mudah meskipun kamu tak memiliki latar pendidikan IT.

Kegagalan login TP Link bisa karena username dan password yang tak sesuai atau salah. Sebenarnya kamu bisa mengganti kedua hal tersebut secara mandiri.

Cara login TP Link ada beberapa cara bisa dengan Firmware Instal maupun Web Access.

Bila menggunakan Firmware perlu menginstal software terlebih dahulu sementara bila menggunakan Web Acces cukup dengan masuk ke IP default TP Link router.

Cara Login ke Router Wifi TP Link

Cara Login TP Link Router

Sebenarnya untuk login wifi TP Link tidaklah sulit cukup menuju search engine bisa Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.

Ketikan tplinklogin.net pada address bar browser. Kemudian enter hingga muncul kotak Authentication Required.

Dalam kotak tersebut kamu diminta untuk mengisi username dan password pengguna. Isikan saja “admin” pada kolom username dengan huruf kecil.

Sementara password isi dengan “admin” memakai huruf kecil lalu enter. Setelah itu klik Log In maka kamu akan langsung bisa masuk ke TP Link wireless.

Cara Login TP Link Router

Untuk login tp link router bisa menggunakan kabel ethernet atau melalui Wifi. untuk mengakses via web access bisa menggunakan IP address “192.168.1.1” atau “192.168.0.1”.

Dari IP ini akan muncul halaman login yang mana perlu memasukan password dan username. Kamu bisa mengisinya dengan “admin” memakai huruf kecil.

Setelah berhasil login kamu bisa mengatur ulang router seperti mengganti password maupun username router. Caranya diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Jika router kamu berupa tipe TD-W8960N/TD-W8950ND/TD-W8960NB:

Setelah berhasil login klik bagian management. Lalu pilih access control kemudian klik password. Setelah itu pilih apply lalu save jika sudah diganti

  • Bagi router TD-W8961ND/TD-W8951ND/TD-W8901G atau TD-W8901GB/TD-W8901G/TD-8817/TD-8816 atau TD-W8101G/TD-8840T

Langkahnya hampir sama dengan router nomor satu cuman setelah mengklik management lanjutkan memilih administration. Setelah itu baru klik apply kemudian save jika sudah diperbaharui.

  • Sementara router dengan tipe Archer D7/Archer D9/Archer D5

Setelah berhasil login pilih management kemudian ke system tools. Setelah itu pilih password dan apply. Jangan lupa tekan save untuk menyimpan perubahan.

Cara Melihat IP TP Link Lewat Control Panel / CMD

Bila IP TP Link sudah diganti bisa pula diketahui melalui control panel. Langkah-langkahnya diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama bukalah control panel dengan menekan tombol Win+X secara bersamaan
  • Setelah itu carilah view network status and task. Menu ini ada pada kategori Network and Internet
  • Pilih dan klik koneksi yang digunakan kemudian pilih detail
  • Lihat IP di kolom IPv4 Default Gateway

TP Link Login

192.168.1.1 atau 192.168.0.1

Sementara untuk mengetahui IP TP Link melalui CMD cukup dengan membuka CMD. Setelah kotak CMD terbuka ketik ipconfig lalu enter.

Lihat bagian IP TP Link pada bagian default gateway. Setelah itu tinggal ketik IP tersebut di web browser untuk login.

Bagaimana mudah bukan untuk login TP Link maupun mengganti password dan usernamenya?

Tinggalkan komentar