Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

  • Whatsapp

Apakah Anda mengalami kesalahan dalam menghapus foto atau file ? Mungkin cara mengembalikan file yang terhapus di android perlu Anda terapkan.

Kamu pengguna smartphone aktif, pasti pernah mengalami kejadian yang tidak diinginkan dengan data di smartphone kamu. Mungkin diantara kamu ada yang pernah tidak sengaja menghapus file atau data dari perangkat Android.

Lebih buruk lagi, ternyata yang terhapus adalah file atau data penting. Pasti rasanya bingung campur panik. Adakah cara untuk mengembalikan file yang terhapus itu?

Tidak perlu panik dulu. Ada beberapa cara mudah dan praktis untuk mengembalikan file yang terhapus dari perangkat Android kamu.

Berbagai macam cloud storage atau media penyimpanan virtual yang terkoneksi dengan smartphone saat ini membantu mempermudah untuk mencari dan mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus. Kita ulas melalui artikel berikut, yuk.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Menggunakan Google Photos

Bagi pengguna perangkat Android rasanya tentu tidak asing dengan yang disebut Google Photos.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini selain dapat menyimpan semua koleksi foto juga dapat mengembalikan file yang terhapus dari smartphone kamu, lho.

Cara mengembalikannya juga sederhanda dan mudah.

Cara yang harus kamu lakukan, pertama cukup masuk atau membuka aplikasi Google Photos di perangkat Android kamu.

Kemudian cek pada menu “Trash” di dalam aplikasi. Dalam fitur “Trash” akan ditampilkan semua file yang pernah kamu hapus dari perangkat sebelumnya.

Untuk mengembalikan file yang terhapus itu, kamu hanya perlu klik ikon “panah” yang terletak di samping ikon “tempat sampah.”

Nah, secara otomatis file kamu akan kembali. Mudah, bukan?

Selain dapat mengembalikan file yang terhapus di perangkat Android, Google Photos ternyata juga dapat mengembalikan semua file yang tersimpan di “trash” selama 60 hari ke belakang.

Menggunakan Google Drive

Aplikasi pilihan berikutnya masih merupakan buatan Google. Aplikasi yang merupakan media penyimpanan atau cloud storage ini dapat membantu Anda untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus.

Cara kerja Google Drive bisa dikatakan hampir mirip dengan Google Photos. Kamu cukkup mengecek pada bagian “trash” untuk mengembalikan semua data yang terhapus.

Selain melalui smartphone, Google Drive ini bisa juga diakses melalui komputer desktop.

Perlu diingat bahwa apabila Google Photos dapat memulihkan data hingga 60 hari ke belakang, maka Google Drive memiliki slogan “limited time.”

Berapa lama batas waktu penyimpanan file yang tidak sengaja terhapus ini tidak diketahui persis. Jadi sebaiknya pulihkan file segera setelah tidak sengaja terhapus, ya.

Simak : Cara Membuat Akun Youtube

Menggunakan Recuva

Kamu sudah mencoba dua cara di atas tapi masih belum berhasil? Mungkin cara berikut ini bisa dicoba untuk mengembalikan file yang terhapus di Android.

Akan tetapi, cara yang satu ini hanya bisa dilakukan melalui PC / laptop. Sebab, cara yang satu ini mempergunakan sebuah software bernama Recuva.

Aplikasi Recuva ini diklaim dapat mengembalikan data yang terhapus atau hilang di smartphone Android.

Recuva dapat mengembalikan data yang hilang baik yang tersimpan di memori eksternal maupun memori internal smartphone.

Cara kerjanya mudah, kamu hanya perlu menyambungkan smartphone ke PC atau laptop, setelah itu ikuti langkah-langkah yang diarahkan oleh Recuva.

Ingin mencoba menggunakannya untuk mengembalikan file yang terhapus? Silakan download saja di browser kamu ya.

Menggunakan Aplikasi DiskDigger

DiskDigger merupakan sebuah aplikasi yang dapat kamu download secara gratis di PlayStore. Dalam aplikasinya, DiskDigger disebut-sebut dapat mengembalikan data yang hilang dengan praktis.

Tidak perlu membuang kapasitas memori dengan menyimpan file kamu di cloud storage, karena DiskDigger mampu mencari data yang hilang di kartu memori internal maupun kartu memori eksternal.

Tak hanya itu, kamu tidak perlu melakukan root pada perangkat Android agar bisa menikmati segala fasilitas DiskDigger ini.

Kelebihan lain aplikasi DiskDigger adalah dapat menyortir data berdasarkan ukuran ataupun juga tanggal. Cukup lengkap, ya?

Menggunakan EaseUS MobiSaver for Android

Berbeda dengan kedua aplikasi Google sebelumnya yang menawarkan konsep penyimpanan cloud storage, kali ini kamu bisa mencoba aplikasi bernama EaseUS MobiSaver for Android.

Aplikasi satu ini diklaim mampu mengembalikan file yang terhapus di Android secara cepat dan mudah.

Beragam jenis file mulai dari foto, video, musik, contact, hingga pesan yang secara tidak sengaja terhapus dapat dipulihkan dengan aplikasi ini.

EaseUS MobiSaver dapat mengembalikan file yang terhapus cukup dari perangkat Android saja.

Ditambah lgi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur preview before recovery yang memungkinkan pengguna bisa memilih file mana saja yang ingin dikembalikan.

Tidak sampai disitu, masih ada beberapa fitur yang memungkinkan kamu untuk mengekspor data dalam berbagai format seperti CSV, HTML dan VCF format untuk PC.

Jika kamu penasaran ingin mencoba semua fiturnya, langsung saja cari aplikasi EaseUS MobiSaver for Android di Play Store, ya.

Mengembalikan Data Game

Kamu pecinta game, dan pernah mengalami kehilangan data game yang sudah disimpan sebelumnya? Tentunya sangat menjengkelkan, karena itu artinya kamu harus memulai game dari awal lagi.

Belum lagi kalau ternyata kamu sudah cukup jauh memainkan game tersebut. Pasti membutuhkan waktu untuk menyelesaikan setiap levelnya, bukan?

Nah, untuk kamu pengguna Android yang aktif bermain game, coba buka aplikasi Google Play Games.

Dengan bantuan aplikasi Google Play Games, pengguna Android dapat melakukan sinkronisasi data yang ada di HP dengan data game yang tersimpan.

Meski demikian, terkadang cara ini tidak begitu akurat. Oleh sebab itu, pastikan kamu melakukan penyimpanan data game di Cloud Storage juga, ya.

Lihat : Cara Mengecilkan Ukuran Video

Mengembalikan Email yang Terhapus

Ada begitu banyak data yang tersimpan di smartphone saat ini. Salah satunya adalah surat elektronik atau e-mail.

Mungkin kamu pernah mengalami kehilangan atau tidak sengaja menghapus email dari smartphone kamu?

Kali ini tidak perlu khawatir akan kehilangan email penting tersebut selamanya.

Cara mengembalikan email yang terhapus atau hilang, bisa menggunakan Gmail itu sendiri. Pertama, kamu hanya perlu masuk ke dalam aplikasi Gmail.

Setelah itu, kamu klik fitur “Trash” yang ada pada bagian samping kiri. Gmail akan menampilkan semua email yang sempat terhapus di dalamnya.

Sementara apabila kamu adalah pengguna Outlook For Android maka yang harus dilakukan adalah mengklik fitur “Deleted Items”.

Kemudian, secara otomatis semua email yang terhapus pun akan ditampilkan. Kamu dapat menggunakan cara seperti di atas untuk bentuk email lainnya seperti Yahoo dan lain-lain.

Mengembalikan Data yang Sudah Diunduh

Aplikasi yang disebutkan di atas seperti Recuva dan DiskDigger tidak mampu mengembalikan data yang baru saja diunduh.

Hal ini karena dalam perangkat Android, setiap data yang baru diunduh akan secara otomatis disimpan di folder tertentu.

Tapi tenang, untuk mengembalikan data yang sudah diunduh tersebut, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi ES File Explorer File Manager.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 4 juta pengunduh ini mempunyai kelebihan dimana kamu bisa mendapatkan kembali data yang sudah pernah diunduh.

ES File Explorer File Manager juga diklaim dapat menemukan seluruh data tersebut dengan cepat tanpa perlu menunggu lama. Ingin mencoba kehebatan aplikasi ini?

Mengembalikan Kontak Telepon yang Hilang

Selain foto, dokumen, dan email, informasi kontak juga salah satu yang penting tersimpan di perangkat kamu.

Apabila kamu tidak sengaja kehilangan data kontak, cara sederhananya adalah menggunakan aplikasi Google Contact.

Cara satu ini memang dikhususkan apabila kamu kehilangan atau tidak sengaja menghapus nomor telepon kerabat, teman, atau orang penting.

Caranya pun sederhana, yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi Google Contact melalui Komputer Desktop / laptop.

Setelah itu, kamu bisa langsung klik “more” kemudian pilihlah “restore contact.” Begitu kamu mengklik “restore contact” secara otomatis semua kontak akan kembali ke smartphone seperti semula.

Perlu diingat bahwa untuk melakukan hal ini, disarankan kamu menggunakan Google Contact dengan Old Version.

Melakukan Backup Pada Semua Data

Seperti kita ketahui, pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hal terebut nyatanya berlaku juga bagi pengguna smartphone.

Akan lebih baik bagi pengguna smartphone untuk melakukan Backup data sebelum sewaktu-waktu kebingungan mencari data yang sudah terlanjur hilang.

Karena, terkadang aplikasi pengembali data pun tidaklah sempurna dan kurang efektif.

Untuk melakukan backup data, kamu bisa memanfaatkan cloud storage yang ada di smartphone Android kamu.

Salah satu aplikasi penyedia jasa yang dapat menyimpan Backup data adalah Dumpster.

Aplikasi ini diklaim sanggup menampung berbagai macam data dari perangkat Android kamu, lho.

Nah itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Android secara sederhana.

Sekarang tak perlu lagi khawatir kehilangan data yang sangat penting jika secara tidak sengaja menghapusnya.

Walaupun demikian, selalu lakukan backup data penting agar kamu tidak kehilangan file tersebut di masa yang akan datang.

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *