Cara Membuat Barcode Sendiri di Android & Online

  • Whatsapp

Apasih yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata barcode? Tentu saja produk. Untuk membuat barcode sendiri, Anda dapat menggunakan aplikasi atau situs.

Sebenarnya, apasih barcode itu? Bisa dibilang bahwa barcode adalah suatu tanda pengenal untuk sebuah produk yang dipasarkan. Sama seperti manusia yang menggunakan tanda pengenal di bajunya.

Barcode sangat berguna untuk kebutuhan produksi barang maupun distribusi barang, selain itu barcode juga mempermudah dalam penjualan kepada konsumen.

Dengan adanya identitas produk, kalian tidak harus melakukan cek satu persatu dengan alat tulis. Kalian hanya tinggal melakukan scan, lalu secara otomatis barang tersebut akan terdata.

Dulu kala, barcode hanya mampu digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Karena cara membuat barcode sendiri membutuhkan biaya yang besar.

Namun pada zaman yang modern ini, semua orang bisa membuatnya. Kalian bisa memnbuat barcode sendiri dan kegunaannya juga bermacam-macam.

Bisa untuk menyembunyikan/merubah bentuk link, menyimpan teks, bahkan ada yang menembak seseorang dengan menggunakan barcode. Menarik sekali bukan?

Cara Membuat Barcode Sendiri

Aplikasi Membuat Barcode Sendiri

Lalu, bagaimana sih cara membuat barcode itu sendiri? Tidak sulit kok, kini sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat barcode. Berikut adalah listnya!

Barcode Generator

Untuk yang pertama, kalian bisa menggunakan aplikasi bernama Barcode Generator yang bisa kalian unduh dengan gratis di play store.

Aplikasi ini memberikan kalian pilihan untuk menggunakan 11 barcode yang berbeda.

Mulai dari kode QR hingga barcode biasa yang sering dijumpai pada produk-produk yang beredar.

Cara membuat barcode sendiri tidaklah rumit, kalian hanya tinggal memilih tipe, lalu memasukkan data-data yang ingin disimpan dalam barcode tersebut.

Ukuran aplikasinya juga sangat kecil, jadi tidak boros penyimpanan. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan scanning. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk membuat barcode.

QR Code Generator

Nah, aplikasi yang satu ini dikhususkan hanya untuk membuat QR. Kode QR adalah kode yang bentuknya persegi, lalu di dalam persegi tersebut ada tiga persegi kecil lainnya dan dikelilingi bentuk tertentu.

Aplikasi ini memiliki keunikan, dimana kalian bisa membungkus QR kode tersebut dalam berbagai gambar yang lucu.

Jadi kodenya bisa diletakkan pada berbagai ikon/gambar yang tersedia. Seperti pada kartu nama, pada lonceng, kue, dan masih banyak lagi.

Cara membuat barcode sendiri menggunakan aplikasi ini juga tidak sulit. Kalian bisa memilih informasi apa yang ingin kalian masukkan ke dalam kode tersebut.

Selain itu, kalian juga bisa memilih warna barcodenya. Jika sudah, kalian hanya tinggal menekan generate.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Generator Code QR & Pembuat kode QR

Aplikasi yang satu ini juga tidaklah kalah dari aplikasi sebelumnya. Kalian bisa membuat dan melakukan scanning pada barcode. Namun, untuk aplikasi ini juga dikhususkan kode QR.

Yang menarik dari aplikasi ini dibanding sebelumnya adalah kalian bisa melakukan kustomisasi yang sangat beragam.

Jadi, kode yang dihasilkan bukan hanya terlihat seperti kode berwarna hitam putih.

Kalian bisa menambahkan warna atau simbol tertentu untuk membuat kode yang dihasilkan semakin unik.

Aplikasi ini memiliki rating yang hampir sempurna di play store. Dan jumlah unduhannya juga sudah mencapai 500 ribu.

Advanced Barcode Generator

Selanjutnya, ada aplikasi bernama Advanced Barcode Generator. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat barcode sendiri.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan scanning barcode menggunakan aplikasi ini.

Di dalam aplikasi ini kalian bisa memilih membuat barcode maupun QR code. Kalian hanya tinggal memasukkan huruf/angka yang diinginkan untuk diubah dalam bentuk barcode.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat simpel dibanding aplikasi sebelumnya. Jadi, untuk kalian yang tidak suka berbelit-belit, aplikasi ini sangat cocok digunakan.

QRApp : Generator QR

Cara membuat barcode sendiri yang terakhir adalah dengan menggunakan QRApp. Walaupun namanya hanya menyebutkan QR, tetapi kalian juga bisa membuat barcode lain.

Kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan scanning.

Ada banyak sekali tipe barcode yang bisa kalian buat disini. Mulai dari EAN, UPC, hingga data matrix. Kalian juga bisa menginput berbagai data untuk dimasukan ke dalam barcode.

Kalian bisa menginput text, website, kontak, bahkan aplikasi. Antarmuka yang dihadirkan dalam aplikasi ini juga cukup ramah. Kalian tidak akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini.

Kalian bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di google play store.

Cara Menghapus Windows Old

Cara Membuat Barcode Sendiri Tanpa Aplikasi Tambahan

Nah, untuk kalian yang tidak ingin menggunakan aplikasi, kalian bisa menggunakan cara yang satu ini.

Kalian bisa mengunjungi website tertentu dengan mencarinya di google menggunakan kata kunci “barcode online generator.

Kalian bisa mengunjungi situsnya dan langsung membuat barcodenya di beberapa situs tersebut. Caranya juga tidak terlalu berbeda dengan menggunakan aplikasi. Jadi, pasti kalian bisa melakukannya.

Salah satu situs web yang bisa kalian gunakan adalah www.barcode-generator.org. Tentu masih banyak lagi situs yang bisa kalian gunakan.

Di situs tersebut kalian bisa membuat barcode dengan berbagai input data. Bisa berbentuk teks, email, sms, pdf bahkan lagu.

Itulah beberapa cara membuat barcode sendiri yang bisa kami sampaikan. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurang jelasan dalam penyampaiannya. Semoga kalian semua bisa memahami apa yang telah disampaikan diatas.

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *