Cara Download Aplikasi di Laptop Yang 100% Aman

  • Whatsapp

Kenapa harus mengetahui cara download aplikasi di laptop? Sebab sebagian besar orang di dunia ini, pasti memiliki laptop di zaman ini.

Apalagi jika Anda merupakan generasi millennial, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini.

Banyak keunggulan dari perangkat ini dibandingkan perangkat komputer yang biasanya. Misalnya, fitur-fitur canggih yang tidak bisa ditemukan pada komputer.

Lalu, bentuknya yang lebih praktis, dan tidak terlalu memakan tempat. Anda juga bisa membawa laptop kemana-mana, dan Anda juga bisa menyimpan daya untuk mengantisipasi mati listrik.

Dalam penggunaan laptop, pasti Anda harus memiliki beberapa aplikasi untuk melakukan pekerjaan yang berbeda beda.

Beda aplikasi, tentunya juga beda manfaatnya. Namun, masihkah Anda sebagai pengguna laptop kebingungan cara download aplikasi di laptop yang Anda miliki?

Tentu saja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendownload aplikasi untuk perangkat laptop.

Jika Anda masih bingung, berikut akan kami sampaikan beberapa cara download aplikasi di laptop yang bisa Anda praktekkan.

Cara Download Aplikasi di Laptop

1. Download Aplikasi di Laptop Melalui microsoft store

microsoft store

Pada sistem operasi windows, windows 10 khususnya telah memiliki aplikasi bawaan resmi yaitu microsoft/windows store.

Tak jauh berbeda dari play store ataupun app store pada perangkat seluler, Anda bisa mengunduh aplikasi dengan sangat mudah di sini.

Tentu saja, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk teknisnya juga tidak jauh berbeda dengan mengunduh aplikasi di play store.

Anda hanya tinggal menekan unduh, jikalau berbayar maka biasanya akan ada opsi pembayaran yang bisa dilakukan terlebih dahulu.

Namun, kelemahannya adalah dibutuhkannya koneksi internet yang stabil. Karena jika tidak, biasanya ada resiko kegagalan yang terjadi.

2. Melalui laman resmi aplikasi tersebut

Jika Anda bukan pengguna windows 10, maka Anda jangan khawatir. Cara yang kali ini bisa dilakukan pada semua sistem operasi windows.

Anda hanya tinggal mengunjungi situs web resmi dari aplikasi yang ingin Anda unduh. Misalnya, Anda ingin mengunduh aplikasi photoshop, Anda bisa mengunjungi situs web adobe.

Biasanya ada banyak menu yang bisa dilakukan. Biasanya aplikasi yang ada juga bisa disesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Anda hanya tinggal menekan link yang tersedia, biasanya akan langsung terunduh.

3. Melalui situs web distributor

Selain melalui laman resmi dari penyedia aplikasi, Anda juga bisa mengunjungi situs web distributor. Misalnya seperti steam, epic games, garena dan sejenisnya.

Dalam situs resmi distributor, antarmuka nya tidak jauh berbeda dari aplikasi store pada umumnya.

Anda juga bisa membeli aplikasi berbayar disini, namun banyak juga yang gratis. Selain itu, Anda juga bisa melakukan masa percobaan untuk beberapa aplikasi.

Selain itu, biasanya di situs web distributor banyak tersedia sale ataupun  diskon. Jadi, Anda bisa membeli aplikasi berbayar dengan lebih murah disini.

Biasanya juga terdapat banyak event yang menguntungkan bagi pengguna.

4. Chrome web store

Chrome web store

Untuk yang satu ini merupakan web store resmi dari google. Chrome web store tak hanya berisi ekstensi yang diperlukan untuk browser tersebut.

Namun, Anda juga bisa menemukan beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis di website ini.

Namun, untuk melakukan unduhan disini Anda juga harus menggunakan browser google chrome.

Jika tidak menggunakan chrome, maka Anda juga tidak bisa mengunduh aplikasi tersebut.

Aplikasi di webstore ini kurang begitu banyak, namun aplikasi yang cukup terkenal seperti google translate tentu saja tersedia di sini.

5. Website pihak ketiga

Cara yang satu ini sebenarnya tidak direkomendasikan karena ini merupakan suatu tindakan illegal. Namun, kebanyakan orang malah download aplikasi di laptop menggunakan cara yang satu ini.

Kebanyakan website pihak ketiga menyediakan aplikasi untuk bisa diunduh secara gratis. Jadi, Anda tidak perlu bersusah payah untuk membayar pembelian aplikasi dan sejenisnya.

Anda cukup mengetikkan keyword “download” dan tambahkan aplikasi yang ingin anda unduh secara gratis”.

Nanti pasti akan muncul beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi yang Anda inginkan.

Nah, berhubung cara yang kali ini cukup jauh berbeda dengan sebelumnya, kami juga akan menjelaskan cara download aplikasi di website pihak ketiga, dan berikut cara menginstalnya:

  1. Cari aplikasi yang kalian inginkan dengan menggunakan mesin pencari.
  2. Setelah mendapatkan hasilnya, Anda bisa memilih beberapa website yang telah tersedia. Lalu masuk ke halaman website tersebut.
  3. Biasanya, di dalam website tersebut tersedia beberapa versi dari aplikasi tersebut. Anda harus bisa memilih mana yang kompatibel dengan perangkat yang Anda miliki.
  4. Setelah memilih versi aplikasinya, biasanya akan ada link atau tautan untuk mengunduh aplikasi tersebut. Direkomendasikan link yang berasal dari google drive, karena untuk urusan kecepatan ini merupakan salah satu yang tercepat.
  5. Beberapa website mungkin akan menetapkan shortlink namun ada juga yang tidak, biasanya ada panduan untuk melewati beberapa link yang tersedia. Jika harus mengisi captcha Anda hanya harus mengisinya lalu bisa dilanjutkan.
  6. Setelah beberapa tahap, Anda pasti akan menemukan tombol download atau unduh. Silahkan klik, namun hati-hati karena biasanya ada juga iklan yang muncul dan disertai tombol unduh.
  7. Unduh hingga selesai, jika sudah, silahkan cari tempat dimana aplikasi tadi diunduh
  8. Beberapa aplikasi mungkin akan berbentuk program, namun ada juga yang berbentuk rar/zip. Jadi, Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu.
  9. Jika sudah, Anda bisa menjalankan installer yang sudah tersedia di file yang diunduh tadi. Biasanya akan ada notes untuk panduan penginstalan, jika tidak ada, Anda bisa mencari tutorialnya di youtube atau biasanya sudah dijelaskan di halaman website tempat Anda mengunduh.
  10. Tunggu sampai proses instalasi selesai, jika sudah, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Itulah tahap-tahap yang harus Anda lakukan, terdengar sulit bukan? Selain sulit, ini juga tidaklah legal.

Jadi kami tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi, begitupun website tempat unduhan tadi. Jadi, lebih baik Anda menggunakan yang legal saja.

6. Membeli offline installer

Cara yang kali ini mungkin kurang tepat jika dibilang mengunduh atau download. Cara kali ini mungkin lebih tepat jika dibilang “memasang aplikasi” untuk laptop atau perangkat komputer.

Anda bisa membeli offline installer di situs e-commerence atau bisa membeli di toko offline.

Biasanya tempat servis laptop besar, ataupun distributor besar juga menyediakan installer dalam bentuk software ataupun box/paket berisi software dalam cd yang bisa Anda beli.

Tentu saja, cara yang kali ini adalah cara yang legal. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat membeli software seperti ini.

Karena terkadang ada juga produk palsu yang diperjual belikan. Lebih baik jika Anda membelinya di toko resmi yang sudah terkenal.

Itu tadi beberapa cara download aplikasi di laptop yang dapat kami berikan.

Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda, dan dapat Anda manfaatkan dengan baik.

Kami memohon maaf jika ada beberapa kesalahan atau kekurangan. Sekian dari kami, terimakasih dan sampai jumpa di lain kesempatan!

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *